Partisipasi Babinsa Kesambi Dalam Pendampingan Kegiatan Posyandu, Cegah Anak Stunting

Partisipasi Babinsa Kesambi Dalam Pendampingan Kegiatan Posyandu, Cegah Anak Stunting

KOTA CIREBON,- Dalam rangka ikut mensuskseskan penurunan angka anak stunting wilayah Kota Cirebon yang merupakan salah satu program Pemerintah Daerah Setempat dan bekerja sama dengan TNI AD melalui Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, bahwa Babinsa ikut turun tangan dalam mendampingi penanganan anak stunting di wilayah binaan masing-masing.

Hal tersebut telah dilaksanakan oleh Babinsa Kel. Kesambi Koramil 1401/Kesambi Kodim 0614/Kota Cirebon Serda Susilo, dalam melaksanakan pendampingan kegiatan Posyandu Mawar, bekerja sama dengan Tenaga Kesehatan (Nakes) dari UPT Puskesmas Kesambi untuk melakukan pengecekan kesehatan Balita. Kegiatan berlangsung di Baperkam RW.06/Asrama Kesambi Kel. Kesambi Kec. Kesambi Kota Cirebon, Rabu, (21/9/2024).

Kegiatan posyandu balita adalah merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.

Penimbangan balita dan anak. Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

Melalui kegiatan pemantauan gizi, posyandu berperan penting dalam mencegah risiko stunting pada anak. Pelayanan gizi di posyandu meliputi pengukuran berat dan tinggi badan, deteksi dini gangguan pertumbuhan, penyuluhan gizi, dan pemberian suplemen.

Posyandu juga memiliki peran yang sangat penting dalam memperbaiki kualitas hidup masyarakat dan menurunkan angka penyakit yang disebabkan oleh faktor lingkungan, terutama saat ini dalam program penurunan angka anak stunting.Dalam Posyandu, terdapat beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan, seperti penyuluhan tentang pengolahan sampah, penggunaan air bersih, sanitasi, dan pencegahan penyakit menular. Selain itu, Posyandu juga menyediakan pelayanan kesehatan seperti imunisasi, pemeriksaan Balita, pemeriksaan kesehatan rutin, Ibu Hamil dan pengobatan ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *