Daerah  

GELAR ACARA LOMBA MANCING DAN PENTAS SENI SANDIWARA DALAM NGUNJUNG BUYUT KI PATIRASA BOJONGWETAN

GELAR ACARA LOMBA MANCING DAN PENTAS SENI SANDIWARA DALAM NGUNJUNG BUYUT KI PATIRASA BOJONGWETAN

CIREBON – Di gelar lomba mancing lele dengan hadiah yang cukup menarik di ikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di sekitar kecamatan jamblang dan kecamatan klangenan dari pkl 08.00 wib sampai dengan pkl 12.00 wib dan di teruskan dengan pertunjukan pentas seni sandiwara dari siang hingga malam hari, Sabtu (19/10/2024).

 

Tradisi Ngunjung Buyut merupakan ritual penting di masyarakat Bojongwetan dan sekitarnya, yang bertujuan untuk mengenang leluhur, mempererat silaturahmi, serta mengekspresikan rasa syukur. Penelitian menunjukkan bahwa tradisi ini masih dilaksanakan sebagai warisan budaya yang mengandung nilai-nilai sosial dan spiritual. Masyarakat melihatnya sebagai cara untuk menjaga identitas dan moderasi beragama di tengah keberagaman. Tradisi ini juga berperan dalam memperkuat rasa kebersamaan dan toleransi antarwarga.

 

Di katakan ketua Panitia Gatot Subagyo Puji syukur Alhamdulillah acara ini bisa terlaksana berkat dukungan dari ahli waris dan seluruh warga desa bojongwetan dan berharap bisa berjalan lancar sampai dengan selesai,” katanya.

Pemerintah desa Bojongwetan sangat mengapresiasi dengan di adakanya ngunjung buyut kipatirasa ini karena terjalinya tali silahturahmi yang erat antar warga juga turut hadir Kapolsek Klangenan AKP Ngatidja SH.MH ,Babinsa,Babinkamtibmas,tokoh masyarakat dan seluruh warga desa Bojongwetan dan sekitarnya.

Dalam acara tradisi ini sangat disambut baik dari seluruh warga dari tahun sebelumnya dan tahun-tahun berikutnya semoga selalu dilestarikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *