Berita  

Lengkap Persyaratan Dari Sekolah, Bank Rakyat Indonesia Siap Melayani Sepenuh Hati Proses Pencairan Bantuan Dana PIP di Sultra

Jelitapos.com – Sulawesi Tenggara – Kota Kendari’ Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Sulawesi Tenggara (Sultra), mudahankan proses pencairan Bantuan Dana PIP bagi siswa dan Siswi khususnya di Kota Kendari yang sudah terdaftar di Depodik Sekolah antara lain, SD, SMP, SMA dan Sederajat. Serta telah menerima Surat Rekomendasi dari Sekolah masing-masing di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pencairan Bantuan dana PIP 2024 bagi siswa khususnya di Kota Kendari kini sudah dapat dicairkan di BRI terdekat dengan membawa surat rekomendasi dari sekolah masing-masing, KTP dan KK, serta jangan lupa membawa anak atau peserta didik penerima PIP itu masuk sebagai persyaratan untuk pencairan Bantuan dana PIP yang di terapkan pihak BRI di Sultra.

Menurut Otto, karyawan Bank BRI Kendari bertugas sebagai Teler bahwa untuk menghindari adanya penyalahgunaan dokumen PIP atau penipuan dari oknum yang tidak bertanggungjawab, maka kami mewakili pihak BRI Kota Kendari menegaskan kepada orang tua untuk membawa siswi atau siswa penerima dana PIP, dan ini merupakan cara pihak BRI dalam menghindari dari oknum yang tidak bertanggungjawa. Berikut  persyaratan lain yakni surat rekomendasi dari sekolah, KTP dan KK maka pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kendari akan  memudahkan proses pencairannya Dana PIP, pada Kamis (05/09/2024) Siang.

Bantuan PIP yang telah di canangkan Pemerintah pusat sangat dibutuhkan bagi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

“Dimana, pemerintah terus berusaha memenuhi tanggungjawabnya dalam bidang pendidikan, seperti yang telah diamanatkan dalam undang-undang.

Konstitusi Republik Indonesia UUD 1945 amandemen ke-empat, secara tegas telah mengatur tentang hak warga negara untuk mendapatkan pelayanan pendidikan dan Pemerintah diwajibkan untuk menyelenggarakan sistem pendidikan nasional yang dapat menjangkau kebutuhan warga masyarakat.

Hal itu sebagaimana tercantum dalam Pasal 31 ayat (3) dan (4) UUD 1945, yang berbunyi ;
Ayat (3) : “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dalam undang-undang”.
Selanjutnya ayat (4) menyebutkan : “Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.

Ditempat sama, siswi penerima PIP, Bilqis Syahrani Nurwindu mengatakan usai menerima surat rekomendasi dari Sekolah melalui pihak operator Depodik saya di arahkan untuk melakukan pencairan ke Bank BRI yang ada di Kota Kendari,”katanya.

Selanjutnya, bersama orang tua saya, kami menuju ke Kantor BRI Cabang Kendari guna untuk melakukan pengaktifan dan pencairan PIP sesuai arahan dari pihak Sekolah Dasar tersebut.

Bilqis, setelah tiba di Kantor BRI kami di beritahu oleh Security Bank BRI untuk melengkapi persyaratannya yang telah di tetapkan oleh pihaknya seperti; membawa Surat Rekomendasi dari Sekolah, KTP dan KK hingga lebih pentingnya harus di hadirkan siswi penerima PIP tersebut guna untuk menghindari penyalahgunaan dokumen penerima PIP atau penipuan.

Oleh nya itu, kata Bilqis Pihak BRI Kendari berkomitmen akan terus melayani dan mempermudah serta sepenuh hati untuk pelayanan proses pencairan Dana Bantuan PIP tersebut, ” ujar Bilqis Siswi Kelas 4 SDN Kendari.

Terakhir, meski sudah resmi memiliki Buku tabungan Pelajar dan ATM, ironisnya saat di cek  isi saldo bantuan PIP 2024 tersebut terbilang masih kosong, namun hati seorang siswi SDN Kendari tersebut tetap tegar dan senang karena sudah resmi sebagai penerima bantuan PIP yang sudah lama di impikannya, terima kasih Presiden Joko Widodo, bapak adalah pemimpin RI yang mengerti nasib rakyat dan pendidikan di NKRI,”tutup Bilqis.

Editor/Penulis: Nurwindu. Nh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *