Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Langsa Jalur Independen ,Sofyanto Dan Abdullah Ikuti Tes Uji Mampu Baca Al-Quran.

 

Jelitapos.com || KOTA LANGSA – Sebanyak lima pasang bakal calon (Bacalon) Walikota dan Wakil Walikota Langsa mengikuti tes uji mampu baca Al-Quran yang digelar oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa di Mesjid Raya Darul Falah Langsa sejak pagi, Kamis (05/09/2024).

 

Bacalon Maimul Mahdi dan Nurzahri mendapat nomor urut 1, Jeffry Sentana dan Muhammad Haikal nomor urut 2 serta Fazlun Hasan dan Meutia Apriani mendapat nomor urut 3.

 

Selanjutnya bacalon Sofyanto dan Abdullah mendapat nomor urut 4, sedangkan Said Mahdum Majid dan Rusli Tambi mendapat nomor urut 5.

 

Uji test mampu baca Al-Quran ini, para Bacalon Walikota dan Wakil Walikota akan dinilai dari Kefasihan, Adab dan Tajwid.

 

Pasangan Bakal calon (Bacolon) Walikota dan Wakil Walikota Langsa foto betsama dalam tes uji baca Al-Quran di Mesjid Raya Darul Falah Langsa, Kamis (05/09/2024).

 

“Para peserta diberikan masing-masing 3 makrak, yaitu surat Al-Baqarah, surat Maryam dan Ayat pendek yang mana makraknya sudah ditentukan oleh dewan juri atau tim uji saat peserta mencabut lot (nomor urut),” ucapnya.

 

Adapun Tim Uji ini sebanyak 6 orang yang terdiri dari LPTQ, MPU dan Kemenag Kota Langsa, masing-masing 2 orang.

 

“Hasil penilaian uji mampu baca Al-quran ini akan diumumkan paling lama 1 hari oleh tim uji dan KIP Kota Langsa.

 

 

Setelah tes uji mampu baca Al-Quran, ada tahapan jadwal bagi Bacalon Walikota dan Wakil Walikota, yaitu tandatangan surat perjanjian akan menjalankan butir-butir MOU Helsinki dan UU nomor 11 Tahun 2016 tentang Pemerintahan Aceh serta peraturan pelaksanaannya.

 

“Penandatangan surat perjanjian ini akan berlangsung di DPRK Langsa. jadwalnya laksanakan sebelum tanggal 10 September.

 

Hadir dalam acara tersebut, seluruh Komisioner dan Sekretaris KIP, Panwaslih Kota Langsa, anggota DPRK Langsa, Pimpinan Partai Politik dan tim pendukung dari masing-masing pasangan bakal calon serta undangan lainnya,

Bakal Calon Walikota Dewan, Juri KIP Kota Langsa.( Medy SP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *