Gerak Cepat, Lanal Simeulue Bantu Evakuasi Korban Kapal Tenggelam

Jelitapos.com Simeulue — Pangkalan TNI AL Simeulue melalui Pos TNI AL Singkil gerak cepat menanggapi laporan warga nelayan Pulau Dundun/Pulau Lakota, Desa Gosong Telaga, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil yang mengalami cuaca buruk di laut untuk segera dilaksanakan evakuasi. Minggu (21/4/2024).

Kejadian berawal pada Pada hari Senin tanggal 15 April 2024, Sdr. Yuananda dan Rosidin berangkat melaut untuk mengangkat Bubu dengan jarak sekitar 30 Mil yang telah mereka pasang Bubu di perairan antara Sibolga dengan perairan Singkil namun pada saat perjalanan mengalami musibah dan ditemukan oleh nelayan atau Tekong Kapal jaring dari Sibolga a.n Iwan berasal dari Barus Tapteng.

Pada hari Kamis pukul 16.00 WIB, dengan menggunakan KM. Seribu ditemukan 2 (dua) nelayan mengapung dengan memegangi fiber ditengah laut, kemudian Tekong tersebut menghubungi keluarga korban atas nama Fajar Imin (29 Tahun) penduduk Kayu Manang, selanjutnya menghubungi BPBD Singkil dan ditindak lanjuti oleh Posal Singkil dan BPBD.

Menerima laporan tersebut, Komandan Pos TNI AL Singkil Letda Laut (PM) Daryani segera melapor kepada satuan atas tentang kejadian tersebut.

Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Dwi Herdian Saputra, M.Tr.Opsla., dengan cepat memerintahkan Danposal Singkil untuk melaksanakan evakuasi penjemputan terhadap kedua nelayan tersebut.

Adapun Personel, Unsur dan Area pencarian (SAR) yakni, Kasat Pol Airud Polres Aceh Singkil AKP Wiyatno, Danposal Singkil Letda Laut (PM) Daryani, Sertu Soiman Pos TNI AL Singkil, Fajarimin Penduduk Kayu Manang, Safnul Panglima Lhok Kayu Manang, Khairul dari BPBD Aceh Singkil. Tim Sar langsung melakukan pencarian korban yang tenggelam, namun pada saat melakukan pencarian Tim terhalang dengan cuaca buruk dan pencarian dilakukan pada esok hari.

Pada tanggal 19 April 2024 pukul 07.30 WIB, Tim SAR Gabungan persiapan sarana Speed yang sudah dicek kesiapanya bergerak dari Jembatan Tinggi Pulo Sarok Kecamatan Singkil menuju lokasi kejadian dengan koordinat 2.095791,98.177829 untuk melakukan pencarian korban kapal tenggelam tersebut. Saat menuju ke lokasi penjemputan dititik koordinat yang ditentukan Tim selalu berkomunikasi dengan kapal pembawa korban dan sekira 4 Mil dari Pulau Birahan Tim Sar Gabungan bertemu dengan nelayan yang mengantar korban Sdr. Yuninanda Saputra dan Rosidin.

Selanjutnya nelayan tersebut dinaikan ke speed boat Posal Singkil menuju arah Singkil. Pada tanggal 19 April 2024 pukul 15.50 WIB, tiba di Pelabuhan TPI Anak Laut, selanjutnya Tim Gabungan menyerahkan kedua nelayan tersebut kepada pihak keluarga, rangkaian kegiatan SAR Gabungan pencarian korban perahu tenggelam ataa nama Sdr. Yuninanda Saputra (23 tahun) dan Rosidin (41 tahun) dihentikan dengan korban selamat, selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

(Hera)

(Sumber Pen Lanal Simeulue)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *