AKBP Muhammad Syafi’i, S.I.K., S.H., M.H., Memberikan Apresiasi atas Partisipasi Anggota Saka Bhayangkara Dalam Pengamanan Ops Ketupat

 

Jelitapos.com||Melawi Kalbar Sebanyak 60 anggota Gerakan Pramuka Satuan Karya (Saka) Bhayangkara yang berada di bawah naungan Kwartir Cabang Melawi turut serta dalam mendukung kegiatan pengamanan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Kapuas 2024” yang diselenggarakan oleh Polres Melawi. Keterlibatan mereka ini merupakan bagian dari sinergi antara Polres Melawi dan berbagai elemen masyarakat dalam rangka menciptakan kondisi yang kondusif selama periode Lebaran.

 

Kegiatan pengamanan yang dilakukan oleh anggota Pramuka Saka Bhayangkara ini meliputi berbagai aspek, mulai dari membantu mengatur lalu lintas, memberikan informasi kepada masyarakat, hingga melakukan patroli kecil di sejumlah titik yang dianggap perlu pengawasan ekstra. Pelibatan anggota Pramuka ini diharapkan dapat menambah kekuatan personil di lapangan, sekaligus memberikan pengalaman berharga bagi para anggota Pramuka dalam mendukung tugas kepolisian.

 

AKBP Muhammad Syafi’i, S.I.K., S.H., M.H., Kapolres Melawi, menyatakan apresiasi yang tinggi atas partisipasi anggota Pramuka Saka Bhayangkara ini. “Keterlibatan Pramuka Saka Bhayangkara dalam Operasi Ketupat Kapuas 2024 menunjukkan bahwa semua elemen masyarakat memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Kami berterima kasih atas dedikasi dan semangat para anggota Pramuka yang telah bersedia mendukung tugas kepolisian,” ujar AKBP Muhammad Syafi’i. Selasa (9/4).

Sebelum diterjunkan, anggota Pramuka Saka Bhayangkara telah menjalani serangkaian pelatihan dan pembekalan yang diselenggarakan oleh Polres Melawi. Pelatihan tersebut meliputi pengetahuan dasar tentang pengaturan lalu lintas, pertolongan pertama pada kecelakaan, serta cara berkomunikasi yang baik dengan masyarakat. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap anggota Pramuka yang terlibat dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional.

 

Pengamanan Operasi Ketupat Kapuas 2024 ini merupakan bagian dari upaya Polres Melawi dalam mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik serta potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi selama periode Lebaran. Dengan dukungan dari berbagai elemen masyarakat, termasuk anggota Pramuka Saka Bhayangkara, diharapkan seluruh rangkaian kegiatan Lebaran di wilayah hukum Polres Melawi dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

 

Keterlibatan aktif anggota Pramuka dalam kegiatan sosial dan keamanan masyarakat seperti ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri mereka, tapi juga menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai bagian dari masyarakat. Kwartir Cabang Melawi berharap, pengalaman berharga ini akan membentuk karakter anggota Pramuka yang lebih peduli dan responsif terhadap lingkungan sosial di sekitarnya.

 

Sumber : Humas Polres Melawi

Jono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *