Lurah Kebalen, Firman Arief Sembada Harapkan Juara Satu Pada Lomba Sinergitas Kinerja Kelurahan Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2023

Jelitapos.com | Bekasi-Lomba Sinergitas Kinerja Kelurahan (Lomba Kelurahan) tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2023 di Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan dibuka oleh Asisten Daerah (Asda) I Setda Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti, pada Senin (6/11/23).

Didampingi Sekcam Babelan Beni Yusnandar dan Lurah Kebalen Firman Arif Sembada, S.Stp, kegiatan tersebut juga melibatkan Babinsa dan Bimaspol Kelurahan Kebalen, Satpol PP Kelurahan Kebalen, dan Tim Penggerak PKK.

Lurah Kebalen Firman Arif Sembada, S.STP saat di temui di lokasi mengatakan , “Ini adalah Lomba Kelurahan tingkat Kabupaten Bekasi yang kedua kalinya yang diikuti oleh Kelurahan Kebalen selama saya menjabat,” ucapnya.

” Tahun 2022 yang lalu kami menjadi juara ke 3 di ajang Lomba Kelurahan tingkat Kabupaten Bekasi, ” sambung Lurah Firman.Dirinya berharap agar pada gelar lomba tahun ini ada peningkatan penilaian dari segi prestasi.
” Minimal juara dua. Tapi kalau bisa ya juara satu, ” senyumnya.

Dalam kesempatan tersebut, Lurah Firman juga menjelaskan bahwa ada beberapa indikator kategori penilaian pada kegiatan lomba sinergitas kinerja tersebut.
Diantaranya pemerintahan, pelayanan, pemberdayaan masyarakat, ketentraman dan ketertiban umum, inovasi, kegiatan PKK dan Posyandu.

Adapun program inovasi ini, menurut Lurah Firman harus terus di lanjutkan dan di kembangkan, karena dari sisi kemanfaatan luar biasa.

“Ada beberapa poin yang jadi perhatian pemerintah Kabupaten Bekasi, diantaranya Pejantan Keren (Pendampingan Kesehatan Kelurahan Kebalen), sistem Pemantauan Lingkungan Terpadu (Pelaud) yang ada di Kelurahan Kebalen, ” terangnya.

“Sesuatu yang baik tentunya akan kita kembangkan di Kelurahan Kebalen.Kita semua sama-sama pahami bahwa kegiatan sinergitas Kelurahan ini bukan hanya penilaian formalitas saja, namun out put dari kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan, apa yang sudah baik ditingkatkan, dan apabila mungkin masih ada yang belum sempurna diharapkan lebih ditingkatkan lagi, ” lanjutnya lagi.Lebih jauh, Lurah Kebalen yang berperawakan tinggi besar tersebut menjelaskan bahwa, ” meningkatkan pelayan kepada masyarakat hingga mereka terpuaskan dengan pelayanan yang kami suguhkan , itu sudah menjadi tanggung jawab kami bersama, ” imbuhnya.

” Itulah tujuan utama nya dan Ini menjadi catatan kita bahwa evaluasi kinerja pelaksanaan tugas Kelurahan ini akan terus dibina, akan terus dipantau guna pencapaian pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat, ” ujarnya.

Sementara itu di sela-sela penjelasannya mengenai sistem pemerintahan dan kinerja aparatur Kelurahan Kebalen, Lurah Firman sedikit memaparkan terkait pembentukan awal berdirinya Kelurahan Kebalen hingga sampai saat dirinya menjabat di Kantor Kelurahan tersebut.

“Awalnya sebelum menjadi Kelurahan Kebalen, dulu itu Desa Ujung Harapan Tengah, berubah menjadi Desa Ujung Harapan, lalu dipecah menjadi Desa Bahagia dan Desa Kebalen,” ooarnya.

“Kemudian status Desa Kebalen ditingkatkan menjadi Kelurahan Kebalen pada tahun 2008, dan sampai saat ini kurang lebih sudah 15 tahun, ” pungkasnya. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *