Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting di Kota Depok

Jelitapos.com | Wenny Haryanto SH Anggota DPR RI Komisi IX, bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jabar untuk kesekian kalinya menggelar Program Percepatan Penurunan Stunting di Tingkat Kota/Kabupaten di wilayah keluraham Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok pada hari Kamis, 19 Oktober 2023

Acara ini juga dihadiri oleh Herman Melani, SH, MH., Mentor Bidang ADPIN Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat dan drg, Nessi Annisa Handari, selaku Kepala DinasP3AP2KB Kota Depok.

Wenny mengatakan bahwa stunting di Kota Depok mencapai angka 12,3% dari maksimal 14%, dan rata-rata dialami oleh keluarga menengah ke atas bukan menengah kebawah. Ia juga mengungkapkan bahwa nanti di tahun 2024 stunting di Kota Depok mudah-mudahan 0%.
“Kita semua harus membiasakan perilaku hidup bersih agar terhindar dari penyakit, dan juga itu adalah salah satu penyebab stunting”. ujar Wenny Haryanto.
Dirinya menambahkan perlu di ingat orang yang pendek itu belum tentu stunting dan orang yang stunting itu sudah pasti pendek.
Ia juga memberikan materi-materi kepada seluruh yang hadir ditempat, tentang apa itu stunting, apa saja ciri-ciri stunting, dan bagaimana cara mencegahnya.
Lebih jauh Wenny menjelaskan, stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar. Nah, percepatan penurunan stunting merupakan upaya intervensi yang dilaksanakan secara konvergen, holistik, integratif, dan berkualitas melalui kerja sama multisektor di pusat, daerah, dan desa.

Sementara itu, drg. Nessi Annisa mengatakan, Pemerintah Kota Depok sangat concern terhadap upaya percepatan penurunan stunting. Salah satunya melalui pembinaan keluarga-keluarga yang memiliki balita melalui kelompok kegiatan bina keluarga balita (BKB).
“Bagaimana kita mempersiapkan keluarga untuk bisa melakukan pola asuh baik untuk anak-anak. Baik itu pola asuh perilakunya, kesehatannya, lingkungannya, maupun makanannya,” Nessy Annisa.(SH/H.ROSYID)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *